Flag Counter
5 February 2023

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Keterangan foto: Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. sedang memindahkan tali topi toga salah satu wisudawan dari kiri ke kanan pada prosesi Wisuda di Aula IAIN Sorong, 28 November 2022. (Kitorangnews/RR)

Sorong. kitorangnews.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. kukuhkan sebanyak 176 Wisudawan yan terdiri dari 166 Wisudawan/wati Program (S1) dan 10 Wisudawan/wati Program Pascasarjana (S2), pada Senin (28/11/2022) di Aula IAIN Sorong.

Diawali dengan pembacaan kalam ilahi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I., Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana XVI dan Pascasarjana V IAIN Sorong berlangsung lancar dan penuh khidmat.

Menariknya, Prosesi Wisuda IAIN Sorong Tahun 2022 kali ini menggunakan 3 bahasa yaitu, Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.

Saat dikonfirmasi mengenai penggunaan 3 bahasa ini, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag., selaku Rektor IAIN Sorong menyampaikan, tujuan menggunakan 3 bahasa oleh M.C. ialah untuk mengenalkan ke publik bahwa dalam percakapan akademik maupun dalam pembelajaran, IAIN Sorong menggunakan ketiga bahasa tersebut.

“Kami ingin tunjukkan ke publik bahwa IAIN Sorong menggunakan 3 bahasa ini dalam kegiatan pembelajaran. Jadi ada ke-Indonesian, ke-Inggrisan dan ke-Araban. Kami akan gunakan terus ketiga bahasa ini pada prosesi wisuda tahun-tahun berikutnya.” Tuturnya.

Ia pun menambahkan, untuk melengkapi hal tersebut, jika memungkinkan wisuda tahun berikutnya akan ditambahkan pula bahasa Mandarin dan bahasa daerah.

“Sebenarnya ada yang kurang, yaitu bahasa Mandarin dan Bahasa Daerah. Kedepannya, jika kami punya tenaga pengajar yang bisa bahasa Mandarin dan bahasa daerah/ bahasa Moi. Maka tidak menutup kemungkinan wisuda berikutnya kita akan gunakan bahasa Mandarin dan bahasa Daerah pula.” Tambahnya.

Menurutnya, penggunaan bahasa daerah setempat dalam prosesi wisuda tersebut selaras dengan 4 Pilar Pembinaan IAIN Sorong yaitu Keislaman, Keindonesiaan, Kepapuaan dan Kepemimpinan Transformatif.

Dalam orasi ilmiahnya, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. menerangkan bahwa Mahasiswa IAIN Sorong dalam satu tahun terakhir ini meraih berbagai prestasi dan keunggulan baik skala nasional maupun kawasan Indonesia timur di antaranya Mahasiswa meraih Juara 3 Nasional pada Ajang PESONA PTKN 2022 di Bandung begitu pula pada cabang lomba lainnya.

Ia pun menjelaskan bahwa IAIN Sorong kini telah memiliki Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (Kabiro AUAK) secara definitif, yaitu Dr. K.H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag. yang sebelumnya adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kita bersyukur IAIN Sorong kini telah memiliki Ka Biro AUAK secara defenitif. Beliau adalah Dr. K.H. Muhammad Arsyad Ambo Tuo, M.Ag., Sebagai Pejabat Eselon II, Beliau juga diamanahkan sebagai Pengasuh Mahasantri Mahad Al-Jami’ah IAIN Sorong.” Ungkapnya.

Ia pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Wakil Rektor II, Drs. Hasbullah, M.Pd., Ph.D. selaku Ketua Panitia Wisuda tahun ini yang bersama tim telah menyiapkan kegiatan ini hingga prosesi wisuda dapat terlaksana dengan baik.

Pada akhir orasinya, Rektor IAIN Sorong memberikan wejangan kepada para Wisudawan/wati agat tidak tinggi hati setelah meraih gelar, senantiasa belajar dan terus belajar serta mau mengakui kelemahan yang ada pada diri masing-masing.***

Tentang Penulis