Flag Counter
5 February 2023

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

PERDANA! LULUS, WISUDAWAN IAIN SORONG LANGSUNG TERIMA IJAZAH DAN TRANSKRIP NILAI ASLI

Keterangan Foto: Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I. sedang membacakan Surat Keputusan Rektor IAIN Sorong tentang Penetapan Nama-Nama Wisudawan/Wati Sarjana XVI dan Pascasarjana V IAIN Sorong Tahun Akademik 2022/2023, para Prosesi Wisuda, 18 November 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorong. kitorangnews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong gelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana XVI dan Pascasarjana V Tahun Akademik 2022 di Aula IAIN Sorong, pada Senin (28/11/2022).

166 Wisudawan dari berbagai program studi pada jenjang Strata 1 dan 10 Wisudawan jenjang Strata 2 resmi diwisuda dan dikukuhkan langsung oleh Rektor IAIN Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. di hadapan seluruh civitas akademika, tamu undangan dan orang tua/wali dari para wisudawan/wati.

Diawali dengan pembacaan kalam ilahi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, SS., M.Pd.I., Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana XVI dan Pascasarjana V IAIN Sorong berlangsung lancar dan penuh khidmat.

Acara wisuda ini yang diadakan di Aula IAIN Sorong ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari Anggota DPRD Kota Sorong, Pejabat TNI/Polri, MUI Kota/Kabupaten Sorong, Kepala Kantor Kementerian Agama serta sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan.

Wisuda yang dilakukan oleh IAIN Sorong tahun ini terbilang unik sekaligus terobosan baru, lantaran para Wisudawan/wati yang dikukuhkan tersebut langsung menerima Ijazah dan Transkrip Nilai Asli serta legalisir sebanyak 10 lembar.

“Ini adalah wujud komitmen IAIN Sorong di bawah kepemimpinan Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. selaku Rektor yang senantiasa melakukan terobosan-terobosan terbaru, salah satunya adalah menyiapkan Ijazah sebelum proses wisuda. Agar pada saat prosesi wisuda, mahasiswa langsung menerima ijazah. Tentunya ini menjawab kegundahan dan kegelisahan masyarakat yang menganggap bahwa setelah wisuda mahasiswa harus mengurus dan menunggu ijazah berbulan-bulan. Namun Insya Allah, sekarang dan wisuda -wisuda selanjutnya mahasiswa bisa langsung menerima ijazah.” Ungkap Wakil Rektor II IAIN Sorong, Drs. Hasbullah, M.Pd., Ph.D. yang juga merupakan Ketua Panitia Wisuda tahun ini.

Salah satu Pemerhati Pendidikan Masyarakat Papua, J. Sagisolo saat ditemui oleh Kitorangnews.com menyampaikan, terobosan yang dilakukan oleh IAIN Sorong pada wisuda tersebut merupakan bukti nyata Pimpinan IAIN Sorong peduli terhadap keberlanjutan para wisudawan serta kemajuan tanah Papua.

“Saya rasa ini adalah terobosan baru, saya baru dengar seumur hidup ini ada kampus negeri maupun swasta di Papua Barat ini pas wisuda langsung dapat ijazah. Tentu orang tua akan bangga anak-anaknya kuliah di sana, karena untuk persoalan ijazah saja tidak ada keterlambatan dikarenakan terlalu rumitnya birokrasi kampus. Tapi IAIN Sorong buktikan bahwa itu semua dapat diatasi. Kampus seperti ini yang harus kita dorong bagaimana anak-anak yang baru lulus SMA itu bisa kuliah di sana. Jadi tamat kerja bisa cari kerja atau lanjut lagi pendidikan S2.” Unggah Pria Asli Papua kelahiran Sorong Selatan.

Lebih lanjut, Hasbullah selaku Ketua Panitia Wisuda, ketetapan waktu menerima ijazah terutama pada momen wisuda merupakan upaya mewujudkan tujuan institusi sebagaimana yang termuat di dalam Status IAIN Sorong yaitu meningkatkan kualitas aspek tata kelola dan layanan pendidikan yang transparan, akuntabel dan terprogram secara berkelanjutan.***

Tentang Penulis