Flag Counter
26 February 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

UPT Bahasa IAIN Sorong Turut Serta Sukseskan Pelatihan Apresiasi Sastra Balai Bahasa Provinsi Papua

Sorong, kitorangnews.com – Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri Sorong turut serta menyukseskan pelatihan apresiasi sastra.

Pelatihan tersebut diselenggrakan oleh Balai Bahasa Papua Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Provinsi Papua di Aston Sorong Hotel & Conference Centre Kota Sorong. Senin,(28/8/2023).

Kegiatan ini melibatkan UPT Bahasa IAIN Sorong dan dua institusi lainnya serta komunitas Pegiat Literasi Kota Sorong.

Kegiatan yang diselenggarakan ini melibatkan 100 orang mahasiswa sebagai peserta, dan 25 diantaranya adalah mahasiswa IAIN Sorong.

Lembaga pendidikan lain yang turut terlibat dalam kegiatan ini adalah UNAMIN, Universitas Victori dan Komunitas Pegiat Literasi Sorong berpartisipasi sebagai panitia lokal.

Selain itu, UPT Bahasa IAIN Sorong diberikan kepercayaan terlibat dalam pengawalan kegiatan ini karena dianggap sebagai Lembaga Bahasa yang konsisten menjalankan visi salah satunya peningkatan kemampuan sastra pemuda khsususnya mahasiswa IAIN Sorong.

Kepala UPT Bahasa IAIN Sorong Misnariah Idrus, M. A. mengaku optimis dengan akselerasi peningkatan kemampuan sastra pemuda khususnya mahasiswa IAIN Sorong dengan massifnya keterlibatan lembaga yang diembannya pada kegiatan seperti ini.

Ini adalah bentuk kepercayaan yang diberikan oleh Balai Bahasa Papua kepada institusi kita terkhusus Lembaga Bahasa yang kita miliki yang tentunya merupakan peluang kepada mahasiswa IAIN Sorong untuk mendapatkan pelatihan peningkatan kemampuan sastra. ungkap Misnariah Idrus

Adapun yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini yaitu Felix Nesi merupakan sastrawan berprestasi asal Nusa Tenggara Timur yang telah meraih banyak penghargaan di antaranya Iowa International Writing Program, USA, 2022.

Penghargaan Sastra Kategori Novel Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 2021, Finalis Kusala Sastra Khatulistiwa, 2020, Residensi Penulis Indonesia di Universitas Leiden, 2019.

Pemenang Sayembara Novel DKJ 2018, dan lain-lain dengan judul karya di antaranya Usaha Membunuh Sepi” (Pelangi Sastra, 2019) dan “Orang-Orang Oetimu” (Marjin Kiri, 2019), Di Tepi Sejarah (2021). (mis/nir)

Loading

Tentang Penulis