Flag Counter
15 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Piala Bergilir Rektor IAIN akan Diperebutkan Setiap Tahun: Regu Dharma Wanita IAIN Sorong Juara I Lomba Cerdas Cermat

Foto Samsudin Datu, S. Pd. I., M. Pd.

SORONG, kitorangnews.com – Lomba shalawat dan cerdas cermat yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Kampus Institut Agama Islam Negeri Sorong, 10-16 September lalu memperebutkan piala bergilir Rektor IAIN Sorong Prof Dr Hamzah, M Ag.

Siapa peraih piala bergilir Rektor IAIN, akan diumumkan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar dalam waktu dekat ini.

Koordinator Lomba Shalawat dan Lomba Cerdas Cermat, sekaligus sebagai Ketua Dewan Juri Syamsudin Datu, S.Pd.I M.Pd mengatakan, piala bergilir Rektor IAIN akan diperebutkan setiap tahun.

Dan peraih piala bergilir Rektor IAIN adalah regu yang meraih juara umum.

Siapa peraih juara umum untuk tahun ini, Syamsudin mengatakan akan diumumkan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW yang akan digelar di Kampus IAIN bulan September ini. Hal ini diungkapkan Senin, (18/9/2023) di Ruang kerjanya

Yang pasti menurut Syam sapaan akrab Syamsudin Datu juara umum diraih oleh regu yang dalam kegiatan menang di beberapa “cabang” lomba.

“Misalnya perwakilan dari Muslimat, ada peserta shalawat dewasa, ada peserta shalawat remaja, peserta cerdas cermas remaja, cerdas cermat dewasa, jika dari 4 regu ini, kalau juara 1-nya ada 2, juara 2 juga ada 2 , ada juara 3 maka tentu bisa meraih juara umum.

Tapi kalau hanya 1 pesertanya yang dapat juara, tentu belum bisa diberikan juara umum,”terang Syamsudin yang sehari-hari Analisis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Muda IAIN Sorong.

Melihat begitu antusiasnya masyarakat dalam kegiatan lomba shalawat dan cerdas cermat, Syamsudin Datu mengatakan kegiatan ini akan digelar rutin setiap tahun.

Bahkan menurutnya, untuk tahun depan, gaungnya lebih besar lagi, dimana jangkauan peserta lomba lebih diperluas, tidak hanya diikuti peserta dari kota dan Kabupaten Sorong, tapi semua wilayah di kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat Daya.

Meski dengan waktu yang singkat-pendaftaran hanya 1 minggu- jumlah peserta mencapai ratusan orang.

Lomba shalawat diikuti 45 regu, dengan setiap regu 11 orang, sementara lomba cerdas cermat diikuti 24 regu terdiri dari tingkat dewasa dan remaja.

Adapun yang meraih juara I lomba cerdas cermat tingkat dewasa yakni regu Dharma Wanita IAIN Sorong, juara II MT Al Mawaddah, juara III diraih MT Hikmatul Asikin, juara Harapan I diraih MT Al Ma’arif, Harapan II MT PPKS, dan juara Harapan III diraih MT BKMT Mariyai.

Sedangkan pada lomba cerdas cermat tingkat remaja, juara I diraih Regu MAN Kota Sorong, juara II regu dari IAIN Sorong, juara III diraih MA Nurul Yaqin Putra, juara Harapan I diraih MA Raudatul Kuffas putri, juara Harapan II diraih SMA Muhammadiyah Kabupaten Sorong, dan juara Harapan III diraih SMAN 2 Kota Sorong.

Dalam soal cerdas cermat tidak lepas dari sejarah Nabi Muhammad SAW, berkisar tentang ibadah, fiqih ibadah, fiqih sholat, fiqih haji, tentang nama-nama Allah SWT.

Sebelum lomba, setiap regu telah diberikan kisi-kisi soal sehingga tinggal belajar.

Kegiatan lomba shalawat dan cerdas cermat yang digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 ini sukses digelar berkat kerjasama IAIN Sorong dengan beberapa organisasi Islam wanita dan organisasi pelajar seperti Muslimat Kota Sorong, Fatayat Kota Sorong, BKMT Kota Sorong, Darma Wanita IAIN Sorong, Gabungan Majelis Taklim (GMT) Kabupaten, Ikatan pemuda NU putri, ikatan pemuda NU putera dan organsiasi gerakan pemuda Ansor.

Dikatakan Syamsudin, tujuan digelar kegiatan lomba tak lain untuk menjalin hubungan silaturahmi, memperkokoh ukhuwah islamiah, dan tentu berkaitan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ditambahkan oleh Syamsudin Datu, dalam kegiatan lomba shalawat dan lomba cerdas cermat, sekaligus memperkenalkan profil jajaran IAIN Sorong mulai dari Rektor IAIN Sorong, Prof. Dr. Hamzah, M. Ag. wakil-wakil rektor, dekan Fakultas dan lainnya.

“Sehingga dari kegiatan lomba shalawat dan cerdas cermat, bukan hanya civitas IAIN Sorong yang semangat tapi juga seluruh masyarakat di kota dan kabupaten Sorong, bahkan Raja Ampat juga ambil bagian dalam kegiatan ini,”tandas Syamsudin.

“Inti dari kegiatan ini adalah silaturahmi, memperkokoh ukhuwah Islamiah, menyatukan kita suadara-saudara kita sebagai satu saudara muslim.

Alhamdulillah dari kegiatan ini, pengurus yang tadinya tidak saling mengenal jadi kenal mengenal baik di Kota maupun di Kabupaten Sorong,”ujar Syamsudin Datu.

Menariknya lagi dalam kegiatan lomba, salah satu peserta lansia yang selama ini tidak pernah pakai mahkota, hanya dikegiatan lomba bisa pakai mahkota. “Jadi luar biasa kegiatan kemarin,”imbuh Syamsudin.

“Kalau kita lihat dari persiapan dan kelengkapan panitia itu waktunya singkat sekali. Dan kami buka pendaftaran hanya 1 minggu, dan ternyata antusias masyarakat khususnya ibu-ibu dan remaja luar biasa terhdap kegiatan ini.

Hanya 1 minggu pendaftaran antusiasnya luar biasa. Jika kami kasi waktu 2 minggu pasti akan lebih banyak lagi pesertanya,”ujarnya. (ams)

Loading

Tentang Penulis