Flag Counter
16 June 2024

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

46 Perusahaan Ramaikan Job Fair di ACC Hotel Aimas

Pencari kerja yang memadati arena Job Fair di ACC Hotel Aimas.


SORONG, kitorangnews.com – Sebanyak 46 perusahaan di Provinsi Papua Barat Daya turut ambil bagian dalam kegiatan Job Fair yang digelar Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Barat Daya di ACC Hotel Aimas, Senin (18/9).

Sejak pagi para pencari kerja (pencaker) berduyun-duyun mendatangi ACC Hotel Aimas dengan tujuan untuk melamar pekerjaan.

Padatnya pencaker yang mengunjungi Job Fair di ACC Hotel Aimas terlihat dari padatnya kendaraan yang parkir baik motor maupun mobil semua penuh di areal parkir ACC Hotel Aimas.

Untuk masuk ke ACC Hotel Aimas harus berdesak-desakan. Sisi kanan kiri, depan-belakang ACC Hotel Aimas penuh dengan pencaker.

Masuk ke ACC Hotel Aimas di depan stand-stand perusahaan juga tampak padat dengan pencaker yang mencari informasi lowongan kerja.

Salah satu pencaker, alumni UNAMIN (UMS,Red) jurusan Ilmu Pemerintahaan lulusan tahun 2020, mengaku sementara bekerja sebagai guide, mengantar tamu-tamu yang akan berkunjung ke Raja Ampat.

Ia ke Job Fair dengan harapan dapat diterima di salah satu perusahaan swasta seperti Kilang Kasim Pertamina.

“Saya datang ke sini (Job Fair) pastinya untuk melamar kerjaan. Mudah-mudahan perusahaan bisa menerima kami yang datang ke sini (Job Fair),”ujarnya.

Seperti tidak yakin dengan perusahaan yang buka stand di Job Fair ini, salah satu pencaker menanyakan alamat perusahaan tersebut. “Kenapa tanya-tanya alamat, lamar di sini saja (di Job Fair),”jawab pencaker lainnya.

Begitu antusiasnya pencaker untuk mendapatkan pekerjaan, beberapa pencaker sampai merunduk menulis biodatanya di lantai ACC.

Ditandai dengan pemukulan tifa, Job Fair perdana yang digelar Provinsi Papua Barat Daya dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur yang diwakili oleh Pj Sekda Provinsi Papua Barat Daya Ir Edison Siagian, M.E.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Job Fair, Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Suroso, S.IP MM mengatakan, job Fair yang berlangsung hingga hari Jumat (22/9) diikuti 46 perusahaan.

Ia berharap Job Fair jadi ajang bagi para Pencaker mendapatkan informasi yang sebenarnya tentang lowongan kerja pada perusahaan dan demikian pula lewat Job Fair, perusahaan juga bisa mendapatakan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

Sementara Pj Sekda Edison Siagian dalam sambutannya mengatakan selamat beradu nasib bagi para pencaker yang tidak diterima diharapkan jangan kecewa karena masih ada kesempatan di kemudian hari.

Dari sejumlah stand perusahaan, stand BPJS Ketenagakerjaan termasuk banyak pengunjung.

Sejumlah pencaker wanita, anak-anak milenial tampak serius untuk mendapatkan informasi lowongan kerja di BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami tidak ada formasi penerimaan pegawai, karena semuanya ditentukan pusat ya. Yang ada adalah rekrutmen Perisai. Perisai ini seperti mitra kerja, yang diterima sebagai Perisai nantinya dapat fee kompetitif berapa jumlah peserta yang Ia dapat itu ada feenya. Satu peserta 10.000,tapi biasanya kan dalam pertemuan itu banyak orang bisa sampai 30 orang ,”terang Staf BPJS Ketenagakerjaan, Hendry Apriansya.

Selain BPJS, stand Vega Hotel juga banyak pengunjung. Adapun perusahaan/instansi yang mengikuti Job Fair di ACC sekitar 46 perusahaan/instansi, antara lain Aimas Hotel & Convention Centre, Vega Prime Hotel & Convention.

Rylich Panorama Hotel, Aston Sorong Hotel & Conference Center, Bank Mandiri, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Hasjrat Abadi (Toyota), PT Trisakti Megah Indah (Suzuki), PT. Serba Mulia Auto (Daihatsu).

PT. Salawati Motorindo, BFI, PT. Gag Nikel, RH Petrogas Companies in Indonesia, PT. Mitra Palma Sejahtera, PT. Intraco Dharma Ekatama, PT Menara Sukses Abadi, PT. Intekco Sentosa Abadi, PT. Sinergi Anugerah Sentosa, KPM Prudential Sorong.

PT. Citra Raja Ampat Canning, Papua Supermarket & Dept. Store, PT. Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT. Pasela Jaya, Indomarco Prismatama, Bumagroup, CWM, PT. Dokindo Aimas Papua.

PT. Masinton Abadi Sentosa, Misool Foundation, PT. Elia Pratama, CV. Hemacipta Tutorindo, CV. Tirta Dwimas, M-grill Cafe, PT. Panca Tunas Harapan, Rumah Sukses.

PKSS, Kimia Farma, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Sorong, Pegadaian, PT. Anex Jaya, PT. AIA Financial, PT. Klasaman Indah Raya, Alfamart. (ams)

Tentang Penulis