Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Bantu Korban Kebakaran Jayapura, UKM B-Care IAIN Sorong Siap Berkontribusi untuk Sosial Keagamaan

Sorong, kitorangnews.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini, bantuan yang terkumpul dari open donasition yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) B-Care Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Papua Barat, telah disalurkan melalui posko induk BAZNAS Jayapura kepada korban kebakaran di Jayapura yang terjadi beberapa waktu lalu.

Keterangan foto: Penyerahan bantuan yang disalurkan oleh UKM B-Care IAIN Sorong melalui Baznas Jayapura


Hal ini merupakan bentuk kepedulian civitas academica IAIN Sorong terhadap musibah yang menimpa masyarakat di Jayapura.

Sulaiman Rumeon selaku ketua umum UKM B-Care saat dihubungi via telepon menyatakan bahwa kegiatan ini bukanlah yang pertama dilakukan.
“Semenjak dipercayakan sebagai ketua umum melalui Surat Keputusan Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong Nomor: 001 Tahun 2020 sebagai ketua umum periode 2020-2021 pada oktober 2020 lalu, saya dan kawan-kawan di B-Care IAIN Sorong gencar melakukan kegiatan-kegiatan social” ungkapnya.

Selain itu, Sulaiman mengharapkan kedepannya B-Care bisa terus eksis sebagai organisasi intern IAIN Sorong.
“Saya berharap sebagai salah satu UKM aktif di lingkungan IAIN sorong B-Care bisa terus berkontribusi di bidang sosial keagamaan baik di tanah Papua maupun skala nasional dan sesuai kapasitas yang dimiliki” harapnya.

Harapan ini tentunya mendapat dukungan penuh dari rektor IAIN sorong Dr. Hamzah, M.Ag. sebagai pimpinan institusi.
“Semua kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik yang tergabung dalam UKM B-Care kita dukung sepenuhnya” pungkasnya rector.

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan, yang bertindak sebagai pengawas adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Drs. H. Umar Sulaiman, M.M.

Selanjutnya, yang bertindak sebagai penanggung jawab organisasi adalah Suharmoko, M.Pd., Penasehat Fatma Sari, S.Pd.I., M.Pd.I, Pembina I Evie Syalviana, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan pembina II Almuhaimin Sarnav Ituga, S.Pd., M.Pd. yang semuanya adalah dosen dari Jurusan Dakwah dan Komunikasi.

Evie Syalviana, M.Psi. sebagai salah satu pembina saat dihubungi via telpon menyatakan komitmennya untuk terus mendukung dan membina setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh B-Care.
“Kami para pembina terus mengawal setiap aktivitas B-Care melalui laporan kegiatan yang rutin disampaikan oleh pengurus inti. Pada tahun pertama terbentuk, pembina secara penuh menuntun setiap kegiatan yang ingin dilakukan. Namun di tahun kedua ini kami para pembina mulai mempercayakan keaktifan, inisiatif, dan kreativitas para anggota dalam melaksanakan setiap kegiatan” paparnya.

Evie Syalviana menambahkan terkait awal berdirinya UKM yang bernaung di bawah Jurusan Dakwah dan Komunikasi ini.
“UKM B Care IAIN sorong sendiri adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang dibentuk sejak 2019 dan merupakan peralihan dari UKM BKI ( Bimbingan Konseling Islam ) dari prodi BPI jurusan Dakwah IAIN sorong. Di awal terbentuk kegiatannya terfokus pada layanan konseling, namun setelah sekian lama tidak aktif maka dialihkan menjadi B-Care dengan konsep UKM untuk sosial keagamaan” tambahnya.
Berdasarkan informasi yang didapatkan kontributor kitorangnews.com, berikut dijabarkan pengurus inti dan koordinator UKM B-Care.
Untuk periode 2020-2021 ini selain Sulaiman Rumeon yang menjabat sebagai Ketua, posisi Wakil Ketua diamanahkan kepada Fachrul Najamudin dibantu Sekretaris oleh Anisa Eka Oktavia dan Alda Shafitri, sementara posisi Bendahara diamanahkan kepada Muhammad Yumaizar Arum Musifa. Selain itu juga ada anggota komite yaitu Jaka Perceka, Khuriyatus Sa’adah dan Eka Dwi Puji Astuti yang mengawai jalannya proses setiap kegiatan yang di lapangan. Pengurus inti juga dibantu oleh beberapa Divisi bidang untuk mensukseskan tiap kegiatannya.

Meskipun pengurus inti adalah mahasiswa program studi BPI namun anggota yang ingin aktif terbuka luas bagi seluruh mahasiswa dan mahasiswi IAIN Sorong berjiwa sosial dan ingin bergabung. (Riany Nur)

Tentang Penulis