Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rencana Kerja Sama Direspons Sekda, IAIN Sorong Diundang Audiensi ke Raja Ampat

Pertemuan terbatas antara Sekda Raja Ampat dengan Rektor IAIN Sorong beserta jajaran pimpinan lainnya (peserta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sorong, Kitorangnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Raja Ampat, Yusuf Salim meminta IAIN Sorong untuk segera menyusun program kerja sama sekaligus naskah Memorandum of Understanding (MoU). Ia juga mengundang rektor serta jajaran untuk datang ke Raja Ampat guna mempresentasikan program kerja sama yang dimaksud. Hal itu ia sampaikan pada saat kunjungannya ke IAIN Sorong, siang tadi, Sabtu, (31/7/2021).

“IAIN Sorong adalah milik kita bersama. Pak Bupati juga sangat welcome kalau perihal pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, segera IAIN Sorong susun program kerja sama yang diinginkan. Nanti saya beritahukan Bupati untuk kita lakukan presentasi bersama OPD yang ada di Raja Ampat” demikian ungkap Sekda.

Pada saat pertemuan terbatas tersebut, Yusuf Salim juga berharap, IAIN Sorong bisa merancang kerja sama dalam bidang pengembangan teknologi informasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat.

“Saya pribadi, menyambut baik rencana kerja sama ini, dan saya dukung sepenuhnya. Kami juga berharap IAIN Sorong bisa membantu dalam hal pengembangan kerja berbasis teknologi informasi” ungkap Sekda.

Satu hal yang paling diharapkan oleh pria kelahiran Ternate tersebut, yaitu kerja sama dalam bidang penelitian yang membahas tentang sejarah masuknya Islam ke Raja Ampat. Ia meyakinkan bahwa hal itu bisa menjadi peluang kerja sama yang menarik, mengingat Bupati Raja Ampat yang sekarang memiliki latar belakang agama, yakni Islam.

“satu lagi mungkin bisa dilakukan oleh teman-teman di IAIN, adalah penelitian tentang sejarah masuknya Islam di Raja Ampat. Saya rasa ini sangat menarik. Jangan orang lain yang meneliti perihal itu, nanti informasinya bisa menjadi bias” ungkapnya.

Pernyataan Sekda di atas menjadi pemancing semangat kepada para dosen yang ada di IAIN Sorong, mengingat latar belakang keilmuan yang dimiliki oleh dosen IAIN Sorong cukup bisa menjawab tantangan sekaligus peluang tersebut.

Sebelumnya, Rektor IAIN Sorong, Hamzah, menjelaskan kepada Sekda Raja Ampat tentang poin-poin rancangan kerja sama yang bisa dilakukan oleh IAIN Sorong dengan Pemda Raja Ampat. Dalam momen tersebut Rektor memberikan kesempatan kepada seluruh jajaran pimpinan yang hadir di pertemuan terbatas tersebut, mulai dari Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Syariah dan Dakwah, Direktur Pascasarjana, Staf LPPM, Kepala TIPD, Kasubbag Administrasi Umum, dan pengelola media Kitorangnews. Secara bergiliran, rektor meminta para pimpinan mengutarakan rancangan program kerja sama yang bisa ditawarkan ke Pemda Raja Ampat. Di dalam kesempatan itu, perwakilan LPPM, Hermanto meminta kepada Sekda untuk pemetaan lokasi yang bisa ditempati oleh mahasiswa KKN IAIN Sorong tahun ini.

“Kami meminta kepada Pak Sekda untuk dilakukan pemetaan, kira-kira desa mana yang bisa kami kirimkan mahasiswa KKN” pinta Hermanto.

Tanggapan, permintaan, dan tawaran yang terjadi dalam pertemuan yang dilakukan di ruang kerja Rektor IAIN Sorong tersebut sudah kompleks, tinggal bagaimana perbincangan yang tertulis di atas kertas tersebut segera direalisasikan. IAIN Sorong sendiri sebagai pemangku program harus responsif merespons peluang yang diutarakan oleh Sekda Kabupaten Raja Ampat. Sehingga, tri dharma perguruan tinggi yang menjadi tanggung jawab sivitas akademika bisa terpenuhi lewat program-program yang nantinya berwujud Memorandum of Understanding (MoU) yang kemudian terlaksana dalam bentuk Memorandum of Action (MoA)





Tentang Penulis