Flag Counter
3 December 2022

Kitorang News

Harmoni dan Produktivitas

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. tengah memberikan taushiyah ba’da Shalat Dzhuhur di Masjid Agung Al-Akbar, Kota Sorong, Selasa, 11 Oktober 2022. (Kitorangnews/RR).

Sorongkitorangnews.com – Telah kita uraikan pada artikel sebelumnya bahwa seseorang yang memiliki as-Sakinah / ketentraman batin berpotensi mendapatkan pertahanan diri atau yang dikenal dengan kekuatan eksternal. Telah kita bahas pula ketentraman batin merupakan anugerah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Pada artikel kali ini, kita akan mengkaji ayat sebelumnya dari Q.S. Al-Fath:4 yaitu ayat ketiga.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya

“Dan Agar Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak)” (Q.S. Al-Fath:3).

Kalau kita melihat ayat di atas, maka kita bisa memahami bahwa ketentraman batin itu adalah bagian dari pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala. Jadi, orang yang diberikan ketentraman batin itu merupakan salah satu bentuk pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala kepada yang bersangkutan.

Oleh karenanya, orang yang memperoleh ketentraman batin itu adalah orang yang senantiasa mendapatkan pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala.

Selama ini kita mengatakan sebagaimana pada artikel sebelumnya bahwa ketentraman batin itu adalah anugrah, tetapi kita tidak pahami bahwa itu pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala kepada kita. Jadi, pertolongan yang besar itu bentuknya adalah ketenangan batin.

Selama ini kadang-kadang kita tidak merasakan bahwa pertolongan Allah subhanahu wa ta’ala tersebut, kita hanya memahami bahwa ketentraman batin itu anugerah.

Padahal jika menisik lebih dalam Q.S. Al-Fath ayat 3 di atas, ternyata ada dua makna yang terkandung di dalamnya, yaitu kita ditolong oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan kita juga memperoleh anugerah.

Kalau begitu bagaimana caranya kita memperoleh pertolongan berarti yang kita harus cari bukan ketenangan batinnya tetapi bagaimana kita ini memperoleh pertolongan dari Allah dan dengan pertolongan itu kita dikasih ketentraman batin.*** (Bersambung…)

Semoga bermanfaat!

(Artikel ini diintisarikan dari Kultum Dr. Hamzah Khaeriyah, M.Ag. / Rektor Institut Agama Islam Negeri [IAIN] Sorong, Papua Barat di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong, pada Selasa 11/10/22)

Tentang Penulis